Kapolda Jatim: 65.000 Satpam Dilibatkan Pengamanan Pilpres 2019


Mbah Heru    06 February 2019(03:54)   POLDA
img

Tribratanewspoldajatim.com: Sebanyak 65.000 personil Satuan Pengamanan (Satpam) akan dilibatkan dalam pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). Tema HUT Satpam tahun 2019 ini adalah "Pemuliaan profesi satpam Indonesia, guna mendukung polri dalam pengamanan pemilu 2019".

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menjelaskan, Pemilu tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, karena Pilpres dan Pileg bersamaan, sehingga Satpam juga dilibatkan.

"Karena Pileg, Pilpres tahun ini berbeda, karena bersamaan. Jadi kami butuh satuan satuan pengamanan, untuk mempertebal pengamanan dari pada di TPS TPS," jelasnya, Rabu (6/2/2019).

Keterlibatan personil satpam tersebut, kata Kapolda untuk mempertebal pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) disekitar tempat mereka bekerja, baik di hotel, gedung, maupun perusahaan yang mereka jaga.

"Ini akan kami manfaatkan, karena dia juga sudah terlatih, karena dia sudah terdidik, jadi kami akan manfaatkan untuk membantu pengamanan di TPS TPS di sekitar hotel hotel atau perusahaan," imbuhnya.

Meskipun menjadi Satuan Pengamanan (Satpam), namun tidak semua kewenangan tindakan dilakukan, ketika ada aksi kriminalitas atau kejahatan. Mereka akan bertindak sesuai dengan apa yang dilatihkan.

"Jadi, yang jelas mereka juga ada dasar dasar rangka mengamankan objek vital di perusahaannya tersebut, ada SOP nya sendiri," katanya.

Pelibatan Satpam dan Pemilu 2019 tersebut sebagaimana dalam amanat yang dibacakan Kapolda Jatim dalam rangka HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke 38 tahun 2018. (mbah)

 

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan