Inovasi Cemerlang Kapolres Lumajang Tentang Tugas Satgas Keamanan Desa


Mbah Heru    16 April 2019(11:32)   PROFIL
img

Tribratanewspoldajatim.com: Polres Lumajang  berinovasi gulirkan Satgas Keamanan Desa (SKD) yang saat ini telah terbentuk di 198 Desa dengan jumlah  5.940 anggota SKD se-Kabupaten Lumajang. Setiap Desa merekrut 30 sampai 50 orang yang dipilih dari setiap RW.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban  SH SIK MM MH menjelaskan, SKD ini bisa menjadi role model dalam pencegahan kejahatan. “Satgas Keamanan Desa Lumajang saat ini dapat menjadi Role model dalam pencegahan kejahatan. Model ini bisa diadopsi untuk diterapkan di Kabupaten lainnya di Indonesia. Konsepnya dengan memberdayakan masyarakat untuk membantu menciptakan keamanan di Desanya. Caranya dengan Masyarakat kita polisikan supaya dapat membantu tugas tugas Polri di bidang keamanan,” ujar Arsal

Jumlah Polri yang terbatas tidak menjadi  kendala atau hambatan dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat. Kekurangan personel harus disikapi dengan membuat terobosan kreatif dalam mengelola keamanan. SKD adalah terobosan kreatif untuk membantu tugas-tugas dalam menciptakan keamanan. Karena keterbatasan personil

Polri, membuat banyak wilayah-wilayah yang tidak pernah terjangkau dengan patroli, tapi dengan adanya SKD dapat menjangkau seluruh wilayah di seluruh Kabupaten Lumajang sampai ke tingkat RT setiap hari. karena anggota SKD ada disetiap RW.

“SKD dalam pelaksanaan tugasnya memiliki rompi untuk identitas pengenal masing masing Desa seperti Satgas Keamanan Desa Jatirejo, Satgas Keamanan Desa Sukosari dan lain-lain.  Selain itu, mereka juga dilengkapi dengan HT yang sudah terhubung ke RPU atau repiter pemancar ulang. Daya jangkau RPU ini hanya selingkup Desa mereka.

Biaya pengadaan HT dan Rompi ini menggunakan Dana Desa. Bupati Lumajang yang juga serius mengatasi masalah keamanan di Lumajang sangat membantu. Mengatur penganggaran pembentukan SKD dan juga memobilisasi para Camat dalam pembentukan SKD. Tanpa partisipasi atau dukungan, SKD tidak akan terbentuk seperti saat ini.

Tugas Satgas Keamanan Desa menjaga dan memastikan keamanan di Desanya dari segala bentuk gangguan kamtibmas.  Mendesain sistem keamanan di Desanya masing-masing sesuai dengan karakteristik desanya.  

Sebagai problem solver bagi masyarakatnya terkait masalah-masalah kamtibmas.  Membantu menangani masalah-masalah kamtibmas dalam masyarakat, seperti memobilisasi masyarakat dalam penanganan bencana, menangani masalah-masalah sosial dan juga mengatasi permasalahan yang dapat timbul dari pelaksanaan pemilu kali ini. (mbah/hms)

 

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan