Polri Gandeng Perkapi Dukung Situasi Kamtibmas Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden


Mbah Heru    06 July 2019(06:08)   MABES POLRI
img

Tribratanewspoldajaitm.com: Silaturahmi Baintelkam Polri dan Persatuan pengusaha Kembang Api Indonesia (PERKAPI) Kamis 4 Juli 2019 pukul 16.00 WIB di Restoran Padang Sederhana Jl. H. Juanda No.17, RT.14/RW.4, Kb. Klp., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10120.

Silaturahmi dimaksud membahas tentang sistem pengamanan dalam perdagangan kembang api ukuran di bawah 2 Inci oleh pelaku usaha yang tergabung dalam Persatuan pengusaha Kembang Api Indonesia (PERKAPI) di seluruh Indonesia, agar tidak menimbulkan Gangguan Kamtibmas yang dapat merugikan orang lain.

Dapat kita lihat di beberapa pemberitaan media Cetak, Media Elektronik, media Online, dan Media Sosial bahwa adanya kejadian Gangguan Kamtibmas yang di sebabkan oleh kembang api karena di sengaja ataupun karena human error, diantaranya :

1.Adanya pelaku aksi damai di depan gedung Bawaslu RI pada tanggal 21 - 22 yang di picu oleh para pelaku aksi masa menembakkan Kembang Api ke petugas Keamanan, seperti yang di beritakan salah satu media online.

2. Kebakaran hebat melanda toko mainan dan kembang api di Jalan Selaparang, Kelurahan Mayura, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (2/1/2019). Kobaran api melumat bangunan tersebut dan tiga ruko lainnya selama 8 jam hingga dapat dipadamkan.

3. Gudang kembang api di bawah flyover Pasar Pagi, Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat terbakar, si jago merah melahap ruko empat lantai.

Guna mencegah penyalahgunaan kembang api untuk kegiatan yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas atau merugikan orang lain dan lingkungan sekitar, Baintelkam Polri menggandeng PERKAPI untuk bersama-sama mencegah timbulnya gangguan kamtibmas yang di timbulkan oleh penyalahgunaan Kembang Api, dengan cara :

1. Pastikan tempat penyimpanan / gudang kembang api terbuat dari tembok yang tdk mudah terbakar.

2. Pastikan terdapat alat pemadam api yang SNI, dan Baket pemadam api, untuk pemadaman bila sumber api Kembang api yang sulit di padamkan.

3. Pastikan instalasi listrik sdh mendapat sertifikasi layak operasi dari Dinas ESDM.

4. Pastikan tempat penyimpanan dan penjualan kembang api terhindar dari rangkaian listrik yang tidak wajar (satu saluran dengan kabel tidak layak dengan beban yang tinggi seperti Kulks, Pompa Air, Strika, dll).

5. Pastikan agen yang di tunjuk oleh importir memiliki tempat yang layak dan aman utk menyimpan kembang api.

Kegiatan silaturahmi Baintelkam Polri dan Persatuan pengusaha Kembang Api Indonesia (PERKAPI) ditutup dengan pembacaan Deklarasi damai oleh Persatuan pengusaha Kembang Api Indonesia (PERKAPI) dalam mendukung Situasi kamtibmas menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019 - 2024 Pemilu 2019 di wilayah NKRI.

Adapun butir butir deklarasi tsb adalah :

1. MENDUKUNG POLRI DALAM MENGAMANKAN SITUASI KAMTIBMAS PASCA PUTUSAN MK;

2. TURUT MENCEGAH PEREDARAN KEMBANG API JENIS ROKET & ROMAN CANDLE MENJELANG PELANTIKAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN PERIODE 2019-2024

3. MENGECAM PENYALAHGUNAAN KEMBANG API UNTUK KEJAHATAN. (mbah/setiono)

 

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan