Blangko SIM Kosong di Satlantas Jajaran Polda Jatim, Pemohon SIM Diimbau Bersabar


Mbah Heru    22 August 2019(03:48)   LANTAS
img

Tribratanewspoldajatim.com: Stok material Surat Izin Mengemudi (SIM) kosong di beberapa daerah di Jawa Timur. Untuk sementara, institusi terkait memberikan surat keterangan pengganti SIM kepada pemohon baru maupun yang perpanjangan, sebagai pengganti SIM pada umumnya yang berbentuk kartu.

Kasat Lantas Porestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pandia, semalam Rabu (21/8/2019) membenarkan keterlambatan pengiriman blanko SIM dari Korlantas Polri. “ Memang  blanko SIM masih kosong. Namun pelayanan kepada pemohon SIM tetap berjalan seperti  biasa. Kami belum tahu persis kapan blanko SIM asli terkirim dari Korlantas Polri,” ujarnya dihubungi  via ponselnya.

Untuk itulah, diimbau agar pemohon SIM tetap bersabar sampai menunggu blanko SIM asli tersedia.

Sementara Paur SIM Subdirektorat Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim, AKP Heru Sudjiono, menjelaskan, kebijakan surat keterangan dikeluarkan menyusul kosongnya blanko SIM di sejumlah daerah di Jatim. “ Kekosongan blanko SIM  juga terjadi di Provinsi lain,” ujarnya.

Habisnya stok blanko SIM terjadi karena keterlambatan distribusi blanko SIM dari Korlantas Polri. Selain itu, Mabes Polri juga mengubah desain SIM yang dilengkapi sistem pengamanan tertentu untuk mencegah tindakan pemalsuan.

"Ada perubahan design SIM yang baru, sementara untuk material SIM yang lama harus habis dulu," kata Heru saat itu, 16 Agustus 2019.

Kendati stok blanko habis, Heru mengatakan pelayanan permohonan SIM baru maupun perpanjangan masih tetap dilayani. Sekalilagi, nantinya pemohon akan diberikan surat keterangan pengganti SIM." Fungsinya sama dengan SIM, ini juga berlaku bagi yang memperpanjang masa berlaku SIM," pungkasnya. (mbah)

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan