Hari Kartini Tahun 2021: Apresiasi Buat Dua “Srikandi” Polres Bangkalan


Mbah Heru    21 April 2021(03:27)   PROFIL
img

Tribratanewspoldajatim.com: Kehadiran Polwan (Polisi Wanita) di tengah masyarakat rupanya sebagai penyeimbang dalam mengamankan setiap sendi kehidupan dan bersosial. Menjadi abdi negara, Polwan rupanya mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat. Kreativitas seorang Polwan pun acapkali mendapat apresiasi yang cukup tinggi apalagi di era digital 4.0, seperti saat ini.

Seperti halnya jika menilik sederet prestasi dua “Srikandi” kebanggaan Polres Bangkalan, yakni Kompol Andjar Setijaningrum, SE dan Bripka Vicky Hartinanda Muin, SH. Dua polwan ini memang berada di jalur yang berbeda, namun karya dan sumbangsih keduanya layak mendapat apresiasi tinggi.

Kompol Andjar misalnya. Perempuan kelahiran 25 Januari 1971 silam ini merupakan Waka Polres Bangkalan semenjak 1 Desember 2020. Sudah menempati sejumlah posisi strategis di berbagai wilayah Indonesia.

Kompol Andjar sapaan akrabnya selalu berusaha membangun energi positif dimanapun ditugaskan. Sebagai polwan, perannya tak bisa dikesampingkan. Tercatat Kompol Anjar sudah 16 kali dipindah tugaskan sebagai polwan selama 25 tahun masa kedinasannya di Polri.

Sederet posisi penting di Mabes Polri, Sespim Polri, lalu menjajal tanah Ambon dan Papua, hingga menginjakkan kaki di Jawa Timur sebagai Kabagren Polres Kediri sebelum berpetualang di bumi Bangkalan, Kompol Andjar sudah paham benar pahit manisnya sebagai seorang abdi negara.

Tak jarang, berbagai kegiatan sosial pun terus digencarkan semenjak menjabat sebagai Wakapolres Bangkalan. Nalurinya sebagai seorang perempuan dan ibu dari dua orang anak, mendorong Kompol Andjar untuk terus berbagi apalagi saat ini sedang pandemi.

Teranyar, Kompol Andjar pun turun langsung menyalurkan bantuan sosial (Bansos) untuk korban gempa bumi di NTT. Bantuan yang berupa sembako, dan pakaian itu pun diakomodir di Gedung Mahameru Mapolda Jatim sebelum nantinya diberangkatkan ke NTT.

“Bagi saya, berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi corona seperti saat ini apalagi adanya beberapa bencana alam yang menimap Indonesia, adalah panggilan jiwa bagi kami dan merupakan salah satu pengabdian kita. Bahwa seorang anggota polisi sebagai abdi negara selalu hadir untuk melayani dan mengayomi masyarakat. Meski saya adalah polwan, tak lantas mengendurkan niat kami untuk berbagi dan memberikan yang terbaik bagi semua,” kata Polwan yang hobi dengan mengoleksi tanaman ini.

Jika Kompol Andjar selalu berada di balik layar dalam pembuatan keputusan di institusi Kepolisian, berbeda hal nya dengan polwan yang satu ini.

Adalah Bripka Vicky, sapaan akrabnya berada di garis terdepan dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat. Berkreasi dengan menggunakan kecanggihan teknologi informasi digital seperti media TikTok, Youtube dan Instagram, perempuan kelahiran 20 Desember 1987 ini memberi penyegaran baru dengan tupoksi seorang anggota Polisi.

Pesan edukasi yang kerap kali dibagikan nya lewat sejumlah media sosial, selalu mendapat respon positif dan sangat baik di tengah tengah masyarakat. Beberapa waktu lalu, polwan yang setiap harinya bertugas sebagai anggota Bagsumda Polres Bangkalan ini mendapat penghargaan Kapolda Jatim sebagai ‘Polisi Teladan’ dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kepatuhan akan protokol kesehatan untuk mencegah pandemi covid-19.

Selain itu, suara ‘emas’ nya kerap kali mengisi berbagai acara kedinasan Polri maupun kegiatan informal. Pun begitu, Bripka Vicky tetap berprinsip sebagai anggota Polri, dirinya harus hadir melayani dan mengayomi masyarakat.

“Anggota polisi itu tidak hanya sekedar menangkap pelaku kejahatan, atau bertugas menjaga jalan. Tapi, seorang anggota polisi itu harus benar-benar hadir sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Itulah yang saya lakukan. Dengan membuat sejumlah video edukasi, saya berharap masyarakat memahami bahwa tujuan utama kami sebagai abdi negara adalah memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh lapisan masyarakat,” ktanya sembari tersenyum, Selasa (20/04/2021).

Polres Bangkalan tentu berbangga dengan dua punggawa srikandi terbaiknya yang tanpa henti memberikan karya terbaik dengan cara yang berbeda.

Apalagi, menyongsong ‘Hari Kartini’ yang jatuh pada 21 April nanti, kehadiran polwan tentu menjadi oase untuk terus berprestasi dan memberikan pelayanan yang terbaik di tengah kondisi pandemi saat ini.

“Hari kartini merupakan sebuah hari dimana emansipasi wanita digelorakan. Sebagai seorang perempuan dan juga abdi negara, seorang polwan harus selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat agar kamtibmas tetap terjaga,” ujar Kompol Andjar.

Senada dengan sang Wakapolres, Bripka Vicky berharap ‘Hari Kartini’ bukan hanya momentum yang terlewat tanpa makna, namun harus tetap memberikan kontribusi dengan cara terbaik.

“21 April harus tetap terjaga. Kartini masa kini, harus punya banyak cara berkontribusi. Dan bagi kami, sebagai seorang polwan adalah selalu memberikan pelayanan prima dengan edukasi, khususnya di tengah pandemi saat ini. Tentu, cara kami mensosialisasikan protokol kesehatan adalah salah satu harapan kami agar Indonesia segera pulih dari pandemi corona,” punkas Bripka Vicky. (dwi/mbah)

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan