Kebebasan Berpendapat Dalam Peraturan di Indonesia


Mbah Heru    03 July 2017(01:12)   FORUM
img

Tribratanewspoldajatim.com: Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu luar biasa bagaikan pedang bermata dua, memiliki dua sisi positif dan negatif. Pada sisi negatifnya, dewasa ini tak dapat dipungkiri semakin banyaknya muncul kasus kejahatan berbasi internet ( cybercrime) dibandingkan periode lima tahun lalu.

sementara, pemberlakuan Revisi UU ITE tahun 2016 yang secara sah telah berlaku sejak tanggal 28 November 2016, sebagai dasar para penegak hukum untuk memberantas cybercrime, masih meniombulkan pro kontra terutama bagi akademisi, praktisi atau aktivis pegiat hak asasi manusia.

Kebebasan berpendapat ini dijamin oleh Konstitusi Republik Indonesia yaitu pada Pasal 28E ayat (3) UUD 1945 yaitu kemerdekaan berserikat dan berkumpul,mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang. Setiap warga negara perlu memahami hak dan kewajiban warga negara dalam mengemukakan pendapat.

Setiap warga negara bebas mengemukakan pendapat, asalkan pendapat tersebut tidak bertentangan dengan falsafah negara Indonesia yakni Pancasila, UUD 1945 dan tujuan negara RI. Prinsip dasar musyawarah adalah untuk mencapai mufakat, sehingga dalam musyawarah dibutuhkan partisipasi aktif dari peserta musyawarah.

Dalam menggunakan hak kebebasan mengemukakan pendapat, kita harus memegang prinsip bebas dan bertanggung jawab. Bebas artinya bahwa segala ide, pikiran atau pendapat kita, dapat dikemukakan secara bebas tanpa tekanan dari siapa pun. Bertanggunga jawab maksdunya bahwa ide, pikiran atau pendapat kita tersebut mesti dilandasi akal sehat, niat baik dan norma-norma yang berlaku.

Sebaiknya kegiatan menyalurkan aspirasi dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan rasa penuh kesadaran agar yang menyampaikan pendapat dan yang mendengarkan pendapat dapat bekerjasama dengan baik, tidak ada yang dirugikan pada kedua pihak. (mbah)

Penulis : Dr Santi Isnaini SSos  MM

 

 

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan