Unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim Tangkap Pelaku Driver Taxi Online Grab


Mbah Heru    13 March 2018(06:49)   POLDA
img

Tribratanewspoldajatim.com: Unit Subdit V/Siber Ditreskrimsus Polda Jatim berhasil tangkap pelaku tindak pidana tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE). Kasus ini melibatkan 5 tersangka.

Tersangka driver taxi online Grab warga Surabaya berinisial DCT (35) warga Kapasan, MGH, tinggak di perumahan komplek  San Diego Oakuwon City,  KDSK (26) warga Sutorejo, JS (33) warga Jagalan, dan MH (35) warga Dukuh Gogol, Jalan Menganti, Wiyung.

Barang bukti yang disita antara lain,  sebanak 125 HP dan ATM serta mobil.

Wadirkrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara mendampingi Kabid Humas Kombes Frans Barung Mangera, Selasa (13/3/2018) menjelaskan, modus operandi tersangka DTC, MGH, KDSK dan JS driver taxi online Grab dan memiliki akun driver lebih dari satu akun. Mereka melakukan perbuatan menipulasi atau menciptakan informasi elektronik dan atau dokumen elektronik dengan cara memesan order layanan taxi online Grab secara fiktif dengan menggunakan HP pelor atau HP penumpang fiktif yang dilakukan oleh tersangka.

“Hal itu dilakukan oleh tersangka sendiri yang seolah olah benar memang ada pemesan order melalui  layanan taxi online Grab yang dilakukan oleh penumpang. Padahal tersangka sendiri yang memesan dengan menggunakan HP pelor sebanyak 16 unit,” kata Wadirkrimsus.

Hal itu dengan maksud pesanan order dari penumpang fiktif tersebut nantinya diberikan kepada tersangka sebagai driver yang ditunjuk oleh perusahaan Grab dengan tujuan para tersnagka agar memenuhi target  dan mendapat insentif atau bonus dari perusahaan taxi online Grab.

Pelaku melakukan aksinya sejak Nopember 2017 dan setiap driver mendapat 350 ribu per bulan. Dan ini dikelola oleh grup WA bernama “Xero” dengan pengurus dan bendahara berinisial MH ini bertindak pengelola iuran setiap driver dan membiayai servis  serta pembelian HP pelor (HP penumpang fiktif). (mbah)  

  

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan