Pelaku Gunakan Akun Grab Palsu dan Menciptakan Order Fiktif dengan HP Pelor


Mbah Heru    13 March 2018(07:26)   POLDA
img

Tribratanewspoldajatim.com: Lima pelaku yang melakukan tindak pidana tentang informasi dan transkasi elektronik (ITE) ditangani Unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim dijerat pasal 35 Jo pasal 51  ayat (1) UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No 1 tahun 2008 tenetang informasi dan transaksi elektronik Jo pasal 55 KUHP dan atau pasal 378 KUHP Jo pasal 55 KUHP.

Pengungkapan kasus itu terjadi Komplek Puri Asri kelurahan Kalisari, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya, 5 Maret 2018.

Wadir Reskrimsus, Polda Jatim, AKBP Arman Asmara mendampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera, Selasa (13/3/2018) menjelaskan, awalnya polisi mengamankan 3 pelaku berinisial DTC, MHG dan JS.

Pelaku menggunakan akun perusahaan Grab yang palsu dan juga menciptakan order fiktif dengan menggunakan alat  HP (HP Pelor) yang seolah olah dari penumpang yang mengorder taxi online Grab. Hal ini dilakukan sejak Nopember 2017.

Sebagaimana diketahui, dari kasus tersebut ditemukan fakta bahwa kegiatan manipulasi atau penciptaan informasi  elektronik  dalam pemesanan order fiktif dengan menggunakan HP penumpang fiktif tersebut dikelola oleh Grup Whatsapp (WA) bernama “Xero” yang dilakukan sejak November 2017 denga pengurus bendahara berinisial MH yang mengelola iuran setiap driver setiap bulan Rp 350 ribu dan juga membiayai  perbaikan atau servis dan juga pembelian HP Pelor (HP penumpang fiktif). (mbah)

Foto: tim liputan humas polda jatim

 

 

 

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan