Tekan Laka Lantas, Jelang Lebaran 2018, Ditlantas Polda Jatim “Pelototi” Titik Blank Spot


Mbah Heru    13 April 2018(08:58)   LANTAS
img

Tribratanewspoldajatim.com: Tradisi kepadatan arus lalu lintas saat mudik dan balik Lebaran menjadi atensi Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim. Salah satunya dengan menyiagakan personel guna mengamankan titik blank spot yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Banyak titik bank spot yang rawan laka (kecelakaan). Hampir tiap Kabupaten kota ada titik blank spot yang dominan terjadinya laka lantas. Pantura (jalur Pantai Utara) paling banyak. Untuk jalur tengah mulai Ngawi sampai Jombang," kata Dirlantas Polda Jatim, Kombes Heri Wahono, Jumat (13/4/2018).

Guna mengamankan jalur blank spot, pihaknya menyiapkan personel untuk pengamanan titik rawan kecelakaan tersebut. "Sudah kami siapkan anggota untuk amankan titik blank spot," lanjutnya.

Selain pengamanan di lapangan, pihaknya juga mengedepankan upaya preemtif dan preventif guna mencegah kecelakaan. "Untuk preemtif kami lakukan sosialisasi di sekolah pada para pelajar. Untuk preventif anggota meningkatkan upaya patroli dan rekayasa lalu lintas," ujarnya.

Seperti disampaikan Kapolda Jatim, Irjen Machfud Arifin beberapa waktu lalu, jumlah kecelakaan lalu lintas di wilayah Jawa Timur mengalami penurunan. Sepanjang tahun 2016 lalu menelan korban jiwa lebih dari 5.700 korban. Sedangkan sepanjang tahun 2017 lalu, kecelakaan melibatkan korban jiwa lebih dari 5.300.

Terpisah, Kepala Jasa Raharja Cabang Jawa Timur, Evert Yulianto menambahkan, wilayah Jatim yang paling sering terjadi laka lantas dan paling tinggi klaim santunan yakni ada di jalan antar provinsi. "Hampir semuanya meningkat, terutama jalur-jalur antar provinsi misalnya Probolinggo kemudian Tuban," katanya.

Meski demikian, pihaknya juga telah bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim untuk menekan angka laka lantas. "Untuk titik-titik tertentu itu ditempatkan petugas sehingga angka kecelakaan itu bisa turun," tukasnya. (mbah).

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan