Kapolda Jatim: “Kami Ingin Mengangkat Monumen Perjuangan Polri, M Jasin Pejuang Polri Ikut Jaga NKRI


Mbah Heru    11 July 2018(04:24)   POLDA
img

Tribratanewspoldajatim.com: Aksi perang dan suara dentuman bom mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 72 tahun 2018 di lapangan Mapolda Jatim, Rabu (11/7/2018).

Aksi teatrikal tersebut menceritakan bagaimana perjuangan Polri bersama dengan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dan rakyat merebut kemerdekaan RI.

Kapolda Jatim  Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, salah satu pahlawan nasional dari unsur Polri ada M. Yasin. Dimana namanya dikenang dalam monumen Perjuangan Polri.

"Kita ingin mengangkat monumen perjuangan Polri yang ada di jalan dokter Soetomo Surabaya, juga merupakan Pahlawan Nasional," jelasnya Kapolda.

Teatrikal semacam ini, belum pernah dilakukan oleh Polda Jatim selama perayaan HUT Bhayangkara. Bukan tanpa alasan  Kapolda mengangkat perjuangan M. Yasin, agar masyarakat kenal sosok anggota polri ini.

"Supaya orang tahu, bahwa M. Jasin adalah pejuang Polri yang ikut menjaga NKRI," tambahnya.

Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Dr. H. Muhammad Yasin atau M. Yasin, lahir di Baubau, Sulawesi Tenggara, 9 Juni 1920, dan dikenal sebagai "Bapak Brimob Polri".

Muhamamd Yasin menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 3 Mei 2012. Almarhum tutup usia dalam usia 92 tahun di RS Polri Kramat Jati. Dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. (mbah)

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan