BNNP Jawa Timur Musnahkan 5,8 Kilogram Narkoba


Mbah Heru    09 October 2018(05:54)   NARKOBA
img

Tribatanewspoldajatimcom: Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur, melakukan pemusnahan sebanyak lebih dari 5,8 kilogram narkotika jenis sabu sabu, yang disita dari 15 tersangka.

Barang bukti narkotika tersebut merupakan pengungkapan dari 8 tempat kejadian perkara (TKP). Dengan beberapa lokasi sumber, baik dari Madiun, Malang, Sidoarjo, Surabaya, maupun dari Tulungagung.

Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Bambang Budi Santoso menjelaskan, barang haram ini berasal dari wilayah luar Jawa Timur, khususnya dari Riau. Modus operandinya adalah dibawa dari jalur darat dan udara.

"Tetapi rata rata mereka ini karena sudah tercium melalui udara, mereka mengelabuhi kita melalui jalur darat, dengan bus," jelasnya, Selasa (9/10/2018).

Para pengedar ini rata rata memanfaatkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang ke Indonesia. Sebagian besar dari 15 tersangka ini merupakan TKI, dan yang pernah bekerja di luar negeri.

"Karena dari hasil pemeriksaan mereka, rata rata sudah memiliki paspor. Mereka rata rata pernah bekerja, entah itu jadi kuli, jadi pembantu rumah tangga di Malaysia," terangnya.

Barang bukti sabu ini belum inkrah, namun sudah ditetapkan oleh Pengadilan. Sehingga untuk menghindari penyalahgunaan barang bukti ini, pihaknya melakukan pemusnahan, yang juga disaksikan pihak Kejaksaan.

"Kita musnahkan, karena kita takut, disisihkan, karena kita takut kalau kelamaan, nanti ada yang dulit, ada yang nithil. Maka Kejaksaan ini untuk menyisihkan barang bukti sesuai dengan kasusnya," paparnya.  (mbah)

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan