Satlantas Polres Bondowoso Gelar Operasi Penyekatan Terkait PMK Pada Hewan Ternak


Ali Humas    12 July 2022(10:17)   LANTAS
img

 

Bondowoso,  Saat ini santer terdengar issue terkait Penyakit mulut dan kuku yang merupakan wabah virus pada hewan ternak ruminansia. Wabah ini menyebabkan penyakit viral yang sangat menular dan menyerang semua hewan berkuku belah/genap seperti sapi, kerbau, domba, kambing, rusa, unta, dan termasuk hewan liar seperti gajah, antelope, bison, menjangan, dan jerapah.

Penyakit mulut dan kuku (PMK) juga dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) Jenis penyakit ini disebabkan dari virus tipe A dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus yakni Aphtaee epizootecae.

Masa inkubasi dari penyakit 1-14 hari yakni masa sejak hewan tertular penyakit hingga timbul gejala penyakit Virus ini dapat bertahan lama di lingkungan dan bertahan hidup pada tulang, kelenjar, susu, serta produk susu.

Angka kesakitan ini bsia mencapai 100% dan angka kematian tinggi ada pada hewan muda atau anak-anak.

Dalam hal ini Polisi bekerja sama dengan dinas-dinas terakait untuk melakukan kegiatan operasi penyekatan dan mencegah penyebaran Virus PMK pada hewan ternak. Kali ini Satlantas Polres Bondowoso menggandeng Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bondowoso, Sat Pol PP Kabupaten Bondowoso, Dinas BPBD Kabupaten Bondowoso dan Anggota dari Kodim Bondowoso. 

Kegiatan ini dilakukan di Pospol Nangkaan tepatnya pada hari Selasa 12/07 2022, kurang lebih dimulai dari pukul 07.00 Wib. Operasi ini dilakukan untuk mengecek hewan ternak, karena hari Selasa bertepatan pada hari pasar Selasaan yang berada di Kelurahan Kademangan Kecamatan Bondowoso Kabupaten Bondowoso. 

Dalam operasi ini ada salah satu temuan Mobil pick up yang mengangkut hewan ternak Sapi yang akan dibawa ke Pasar hewan, dimana hewan tersebut telah terjangkit Virus PMK. Setelah dilakukan Tes oleh petugas Kesehatan Hewan maka kalau hewan tersebut Positif terjangkit PMK. Maka dengan tegas Polisi menyatakan untuk kembali lagi dan hewan tersebut dilarang dibawa kepasar hewan, dengan tujuan agar virus PMK tidak semakin menyebar. 

Seperti yang di sampaikan oleh Iptu. Soeprapto, SH selaku Kanit Gak Kum Laka Polres Bondowoso, "Kegiatan ini kami lakukan untuk mencegah penyebaran Virus PMK khususnya yang ada di Wilayah Kabupaten Bondowoso. Kami lakukan penyekatan di Pospol Nangkaan yang kami perioritaskan mobil-mobil yang mengangkut Hewan ternak yang akan dibawa ke Pasar selasaan Bondowoso, " ungkapnya. 

"Kami bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Bondowoso, Sat Pol PP Kabupaten Bondowoso serta Anggota dari Kodim Bondowoso dan juga Dinas BPBD Kabupaten Bondowoso, " imbuh Ebes panggilan akrabnya. 

"Himbauan kami kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan adanya Virus PMK ini. Serta untuk masyarakat yang memiliki hewan ternak alangkah baiknya untuk tidak di perjual belikan ke pasaran. Karena penyebaran Virus PMK tidak semakin menyebar keluar, " tuturnya. 

Masih Pria yang berasal dari Tulungagung, "Kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang sudah membantu kagiatan operasi penyekatan kali ini. Sekali lagi kami himbau kepada Masyarakat untuk tidak percaya dengan berita-berita Hoax. Karena Virus PMK ini bisa disembuhkan asalkan masyarakat bisa menjaga kesehatan kepada hewan ternaknya, "tutup Iptu Soeprapto, SH.(Humas)

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan