Status Tersangka EX Kepala BPBD Jember di Pra Peradilkan


Ali Humas    04 August 2022(08:59)   JATIM
img

Jember: Rabu ( 04/07 )   Muhammad Djamil ( MD ) mantan PLT Kepala BPBD Kabupaten  Jember melalui kuasa hukumnya Purcahyono Djuliatmoko SH, mengajukan Pra Peradilan ke Pengadilan Negri Jember atas penetapan status MD sebagai tersangka pada kasus yang berkaitan dengan anggaran pemotongan dana covid tahun 2021 lalu.

", _Mohon  perlu digaris bawahi, adanya gugatan praperadilan ini, Klien kami bapak Djamil bukan dalam rangka mangkir, tapi memang, proses peradilan harus dilalui semua,”_ ucap pengacara yg akrab dipanggil Moko tersebut.

Dengan di daftarkan resmi ke pihak PN Jember, maka proses pemeriksaan Djamil sebagai tersangka oleh Polres Jember di tunda hingga ada hasil penetapan oleh pihak Pengadilan.

", Kami team kuasa hukum sudah mendaftarkan pengajuan Pra Peradilan untuk status tersangka bapak Djamil itu sudah senin ( 1/8 ) kemarin, dan sudah teregister di PN Jember ", terang Moko di depan awak media.

Untuk membuktikan benar tidaknya status penetapan tersangka kepada MD oleh pihak Polres Jember, MD mengambil upaya secara prosedur hukum dengan mengujinya lewat Pra Peradilan di PN Jember.

" Karena yang mendasari ini, prosedur KUHP 77 dan Putusan Mahkamah Konstitusi nomor 21 tahun 2014. Ada upaya hukum, untuk menguji absah tidaknya penetapan tersangka. Karena kita menduga penetapan tersangka ini, tidak cukup bukti,” ulasnya.

Moko menyampaikan adanya ketidak sesuaian baik di tingkat formil maupun materiil.

“Jadi dalam kapasitas Pak Djamil, fokus di proses administrasi. Nah, ketika di proses administrasi kan semua sudah diselesaikan. Termasuk, bagaimana alur aliran anggaran dalam pengajuan BTT (Belanja Tak Terduga), kemudian diteruskan ke BPKA, kemudian Bank Jatim, kemudian dilanjutkan ke bendahara PPTK. Itu sudah berlangsung semua (sesuai aturan),” sambungnya. ( and )

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan