Bendungan Damsaola Tegalrejo Rusak Berat


Ali Humas    15 September 2022(04:40)   INDONESIA
img

 

Jember – Bendungan Dam yang berfungsi  sebagai pengelolaan sumber daya air yang juga berfungsi untuk penyedia air baku, air irigasi  dan pengendali banjir  Damsaola yang berada di Dusun Damsaola, Desa Tegalrejo, Kecamatan Mayang, Jember, jebol sejak beberapa tahun lalu Namun hingga kini belum ada tanda-tanda akan diperbaiki oleh pemerintah.


Rusaknya Damsaola  ini  dikeluhkan warga. Sebab bendungan itu tidak bisa mengendalikan laju  air secara optimal.

Menurut Rosyidi, salah satu warga setempat , Rusaknya Damsaola kondisi diperparah dengan pecahan beton yang menumpuk di bawah bendungan. Akibatnya air di bagian bawah Dam lebih banyak mengalir ke sebelah utara dan perlahan mengkikis pelengsengan di sisi kanan.

“Bendungan itu telah jebol sejak 3 tahun lebih.  Namun spai saat ini belum ads tanda tanda akan diperbaiki.

Dengan rusaknya Damsaola kalau dibiarkan  berpotensi bisa merusak rumah warga yang berdiri tepat di atas pelengsengan ini sebab dibawahnya terus  air sungai,” ucapnya kepada wartawan.

Hal senada diungkapkan Ahtan. Menurutnya, selain bendungan ambruk atau jebol, salah satu pintu  penutup saluran air tidak berfungsi. Hal itu membuat aliran air menjadi tidak teratur.

“Kalau hujan, aliran itu sangat merepotkan petani. Soalnya  air tidak bisa diatur gara-gara dam rusak. 

Hal ini bisa berakibat kami para petani bisa gagal panen terutama di bagian hilir,” ungkapnya.

Masyarakat petani berharap pihak terkait terutama pemerintah  segera melakukan perbaikan. Mengingat sebentar lagi  musim hujan .

“Kalau dibiarkan, warga terus khawatir. Terutama yang tinggalnya dekat sungai. 
Warga juga berharap plengsengan bisa segera diperbaiki secara total. Bukan hanya hanya bagian atasnya.

“Melainkan diperdalam lagi pondasinya. Sebab kalau hanya memperbaiki bagian atas itu tidak akan bertahan lama,” ujarnya.

Sementara  Kepala Desa (Kades) Tegalrejo, belum bisa ditemui  bahksn dikomfirmasi via WhatsApp  sampai berita ini ditulis belum dijawab oleh Kades. (Jun)

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan