Terkait Rusaknya Damsaola : Kades Tegalrejo Bakal Surati Pihak Terkait


Ali Humas    16 September 2022(14:33)   JATIM
img

 

 Jember -  kondisi rusaknya Damsaola sejak beberapa tahun lalu yang sampai saat ini belum ada tanda tanda akan diperbaiki oleh pihak terkait Kepala Desa (Kades) Tegalrejo, Kecamatan Mayang, Jember, Nunung Adi Kontesa, bakal  layangkan surat ke pemerintah. Surat yang akan dilayangkan tersebut merupakan tindak lanjut dari jawaban dari pemerintah desa kepada   warga sekitar. 

Diakui oleh Nunung   Setelah di cek ke lokasi,  membenarkan kondisi bendungan yang cukup memprihatinkan. Kerusakan terlihat di beberapa titik.

 Bahkan rumah pemukiman warga yang berada tidak jauh dari bendungan terancam apabila banjir datang.

"Plengsengan bagian utara Dam mulai rusak terkikis air. Padahal diatas plengsengan ada bangunan rumah warga. Kalau itu dibiarkan, bisa-bisa merusak bangunan yang ada," ucapnya.

Kata Nunung, kondisi itu diperparah dengan tumpukan beton  yang ambruk akibatnya  air banyak mengalir ke sebelah utara menghantam plengsengan.

"Selain itu, kami juga melihat ada lubang kecil dibawah bendungan. Itu menggerus tanah dibawah pondasi bendungan. 

Menurut Kades Nunung  perbaikan Damsaola  tidak cukup kalau hanya di renovasi saja Tapi juga harus dibangun total dengan menambah kedalaman pondasi agar aliran air tidak membuat lubang lagi dibawah pondasi " imbuhnya.

Nunung juga menemukan adanya kerusakan pada pintu air yang macet total. Akibatnya debit air tidak bisa di kendalikan. Padahal Dam itu merupakan sentral perairan di Desa Tegalrejo.

"Itu sangat berdampak pada petani yang ada di hilir. Kalau debit air tidak bisa diatur, mereka bisa gagal panen," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, warga Dusun Damsaola, Desa Tegalrejo, Kecamatan Mayang, Jember, mengeluhkan kondisi Damsaola ,Warga khawatir jika itu tidak segera ditangani, maka air berlahan terus mengikis plengsengan di sebelah utara. Padahal diatasnya berdiri bangunan warga.

Bahkan salah satu dapur milik warga pernah ambruk dan hanyut terbawa arus air bersamaan dengan ambruknya plengsengan yang terkikis air " jelasnya.(jun).

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan