Polri Tempatkan Atase Berpangkat Kombes di Ankara Turki


Mbah Heru    31 March 2017 (06:44)   MABES POLRI
img

Tribratanewspoldajatim.com: Menurut hasil penelusuran intelijen saat ini ada sekitar 300 WNI di Turki yang hendak menyeberang ke Syuriah diduga akan bergabung dengan ISIS. Maka dari itu Divisi Hubungan Internasional (Div Hub Inter) Polri akan menjalin kerjasama dengan Turki melalui penempatan atase kepolisian di Ankara Turki.

“Saat ini kan sudah ada sembilan atase Polri dan enam LO di luar negeri. Untuk itu akan kami buka di Ankara, Turki tahun ini dan juga di Amman, Jordania. Ini untuk memperlancar tugas-tugas kita,” kata Kadiv Hubinter Irjen Pol Drs. H.S. Maltha, S.H., M.Si dalam acara coffee morning Div Hub Inter dengan Media (Jurnalis Polri) di Gedung TNCC Mabes Polri, Kamis (30/3/2017).

Saat ini Indonesia punya hubungan kerja sama ekstradisi dengan Malaysia, Filipina, Thailand, Australia, Hongkong, Korea utara dan RRC. Untuk Mutual Legal Assistance (MLA) atau kerja sama Bantuan Hukum Timbal Balik, Interpol Indonesia juga sudah punya ikatan kerja sama dengan Australia, RRC, Hongkong, Amerika Serikat dan dalam lingkup ASEAN.

Tidak cukup sampai disitu, Indonesia juga sudah ada kerja sama internasional dalam menempatkan Atase Kepolisian berpangkat Kombes di negara Amerika Serikat, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Australia, Singapura, Belanda, Thailand dan Saudi Arabia serta LO berpangkat AKBP di Davao, Hongkong, Johor Baru, Penang, Kuching dan Tawau.

Penempatan atase kepolisian di Ankara Turki bertujuan untuk membangun hubungan komunikasi dengan kepolisian setempat khususnya dalam menangani dan menghalau WNI yang akan menyeberang ke syuriah. “Rencananya Juni akan ditandatangani MoU dengan Turki langsung oleh Kapolri. Keberadaan Atase Kepolisian di Ankara sangat dibutuhkan,” Tambah Kadiv Hub Inter Polri.

Adapun atase yang akan ditempatkan nantinya merupakan anggota kepolsian berpangkat kombes, terutama yang pernah berpengalaman tugas dibidang penanganan terorisme, pernah tugas di luar negeri dan menguasai Bahasa Asing terutama Bahasa inggris.

“Saat ini sedang dilakukan seleksi dan kandidatnya berasal dari Densus karena mereka terbiasa menangani kasus terorisme. Tentunya syarat lain mereka harus bisa bahasa Inggris, pernah tugas ke luar negeri,” lanjut Kombes Pol. Drs Napoleon Bonaparte, MSi, salah satu Kabag di Div Hub Inter Polri.

Selain Turki, Hubinter Polri juga sedang melakukan pendekatan dengan Yordania dan sejumlah negara di Asia guna menempatkan Atase Kepolisian. Untuk Yordania alasan utama adalah banyaknya terjadi human trafficking yang melibatkan WNI ke Yordania. (mbah/tbn)

 

KOMENTAR


BERITA YANG DISARANKAN
Tidak ada Tag
Berita Tidak Di Temukan